SMA vs SMK



Setelah lulus SMP kalian pasti sempet mikir, mau ke SMA apa SMA, kecuali yang nggak punya pikiran sama yang nggak mau sekolah lagi. Dua pilihan tersebut memang membingungkan, tapi gw akan coba memperjelas tentang keduanya.

Di postingan minggu ini gw mau membantu kalian dalam memilih SMA atau SMK. Disini gw nggak mau ngedebatin kedua belah pihak, gw netral. Dan ini menurut opini gw pribadi.

Menurut gw ada 4 tips untuk memudahkan kalian untuk memilih SMA atau SMK. 4 tips ini cukup sederhana.

1. Mengenal apa itu SMA dan SMK

Untuk memilih, kalian harus tau dasar apa yang harus dipilih. Kalian harus tau dasarnya SMA dan SMK.

  • SMA
SMA adalah singkatan dari 'sekolah menengah atas'. Merupakan sekolah yang menyiapkan para siswanya untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Di dalam SMA ada 2 jurusan, yaitu IPA dan IPS. 

  • SMK
SMK merupakan singkatan dari 'sekolah menengah kejuruan'. Sebuah sekolah yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk siap masuk ke lapangan pekerjaan. Di dalam SMK kalian bisa menemukan banyak jurusa. Kalian bisa sesuaikan dengan keinginan kalian sendiri.


2. Sesuaikan bakat yang kalian miliki

Cari dan perdalam bakat yang kalian miliki. Tentunya dengan izin orang tua.

  • SMA
Jika kalian menyukai hal-hal sains, biologi, sejarah, bahsa, SMA bisa menjadi pilihan yang cocok. Kalian bisa memilih jurusan IPA jika kalian tertarik dengan pengetahuan sains. Karna di SMK sendiri IPA tidaklah diprioritaskan. IPS juga bagus untuk kalian yang tidak terlalu suka dengan perhitungan, dan lebih suka menghapal meteri bukan rumus. 

  • SMK
Banyak sekali jurusan di SMK. Jika kalian suka dengan hal-hal seperti: animasi, otomotif, kesehatan, filmmaker dan lain sebagainya, SMK adalah pilihan yang cocok. Di SMK sendiri lebih siswa di latih agar siap untuk masuk ke lapangan kerja. Biasanya di SMK lebih mengutamakan praktek daripada materi.



3. Minta pendapat orang tua

Mintalah pendapat orang tua, karna merekalah yang lebih mengerti kalian, lebih mengerti kepribadian, karakteristik, bakat, sifat kalian. Jika kalian berbeda pendapat dengannya, tunjukan pada mereka keinginan kalian .berusahalah mengungkapkan keinginan kalian secara baik, sopan dan logis, serta menghindari perdebatan.


4. Jangan tergantung pada temen

Yakinlah dengan pilihan kalian. Kalian boleh mendengarkan pendapat teman, tapi kalian tidak harus mengikutinya. Jika kalian memilih untuk mengikuti kata hati, otomatis kalian bisa nyaman dengan lingkungan tanpa teman, dan mendapatkan teman baru di sekolah baru. Daripada ngeliat temen yang itu-itu aja kan bosen (tapi tetep inget juga, jangan dilupain). Tapi jika teman kalian satu pendapat, atau satu pemikiran, kalian bisa saling membantu.

***

--wokee itu dia 4 tips mudah untuk memilih antara SMA atau SMK menurut gw. Tips tersebut juga gw pake, tapi gw lebih memilih SMK. Alesanya sih simpel, gw pengen langsung kerja. Tapi kalo bisa sih sambil kuliah juga.

~~~

Itu aja yang mau gw omongin di postingan kali ini. Bagi temen-temen pembaca baru blog ini, Selamat Datang, semoga betah membaca blog ini. tunggu update postingan selanjutnya. Dan selamat pagi, siang, sore, malam.

       Terima kasih
               (Izzul fadillah)
     @izzul_fdllh25

Komentar